Sunday, January 20, 2008

Catatan Akhir Semester 2

Ujian PBO (Jeni 1) yang dilaksanakan hari Sabtu, 19 Januari 2008 menandai berakhirnya kegiatan perkuliahan semester 2 D3-TKJ di Malang Joint Campus. Selama 4 bulan ini banyak hal-hal yang perlu mendapat sorotan.

  • Perkulihan yang hanya berlangsung 4 kali pertemuan pada smt2 ini matkul yang paling ajek: Olah raga, Basda-1, Bhs. Inggris, bahkan khusus untuk English malah 'over dosis'. Selain jadwal yang sudah ada, masih ada tambahan tiap hari minggu jam 10.00 di kampus UMM.
  • Mata Kuliah Basda-1 paling banyak menyedot perhatian kawan-kawan, mengalahkan pelajaran yang lain. Target bisa mempresentasikan program aplikasi dengan VB, membuat kawan-2 kalang kabut. Sebetulnya matkul ini tidak terlalu sulit jika dibanding yang lain, namun umumnya rekan2 baru mengenal softwarenya (MySql, VB, ) sehingga masih terasa asing( asing=sulit). Dan ternyata untuk bisa tampil mempresentasikan tugas aplikasi sebagai Ujian Akhir Semester Basda-1, tidak bisa di 'dadak'.
  • Jarkom, sebagai mata kuliah inti pada jurusan ini , ilmunya paling ditunggu-tunggu, malah kuliah ini tak bertuan. 5 jam kali 4 pertemuan Dosennya ndak pernah nongol, "ban cadangan" pada awal pertemuan banyak memberikan harapan kemudahan, nyatanya hanya membuat kebingungan. Sampai akhir pertemuan kuliah hanya sekedar datang, tak ada bekas di memory. Beda dengan smt 1, kita dapat ilmu jarkom sampai 'klempoken' sampai lencu kabeh. Memang kalau bukan ahlinya ...... ya gitu dehhhhh.
  • Adsys, mata kuliah yang akan mengantar kita jadi ADmin di kandang kita masing2, sayang ketinggalan start, mulai di tengah perjalanan, baru mulai enjoy dengan Linux tapi jatah sudah akan berakhir. Ya hanya sekedar tahu.
  • Java / OOP-1, banyak kawan yang keberatan kalau OOP ini dijadikan mata kauliah wajib sertifikasi, dan dijadikan prasarat untuk semester berikutnya. Ini perlu dicermati kembali, karena kita dalam lingkar Teknisi Komputer Jaringan. Kalau Administrasi System disertifikasi kayaknya lebih pas. Kita memerlukan pengawal server yang handal. Perlu standarisasi kemampuan. Kalau "juragan" kita menginginkan bibit programer Java yang hebat muncul dari Mburing, saya kira sudah pas dengan membuka "Kuliah JENI", bukannya dipaksakan di jalur TKJ. TKJ biar konsen di Jaringan, biar nggak rancu, ada pilah-pilahnya gitu.
  • Masih Java, kalau sibuk terus sepanjang semester, apalagi dengan jabatan struktural yang sering membutuhkan koordinasi, ya diserahkan saja kepada yang lebih muda, yang masih banyak kesempatan. Itung-itung kaderisasi.
  • Matematika, Lumayan sebetulnya matkul ini agak momok bagi sebagian kawan, namun pembawaan sang dosen yang cool, ringan, kita jadi nggak beban.
  • Kuliah ke dua Bahasa (Inggris - Indonesia), agak lain, kita diajak turun gunung, kuliah ke kota. Ya karena kesibukan yang luar biasa, sang empu nggak sempat mendaki ketinggian dan sepinya puncak buring. Para cantrik harus rela turun, agar para teknisi jaringan ini juga pandai mengarang.
  • Lagi-lagi Kegiatan ICT semester ini macet lagi. Nggak ada solusi. Faktor pelayanan, jadwal bahkan jarak masih manjadi alasan vacum-nya aktivitas di luar jadwal kuliah.
  • Masih sebagian kecil, Dosen-mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas ON LINE untuk mempercepat dan memperkaya transfer ilmu. MJC sudah punya Web, Millis, Forum, E-learning, Kelas B sudah punya Web dan Millis. Sebetulnya para dosen bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk melengkapi kekurangan kuliah tatap muka.
  • Yang menggembirakan semester ini, subsidi transport cair sebelum UAS dilaksanakan. Lumayan.
  • Masa pengabdian ketua kelas yang sudah 2 periode, sudah waktunya pergantian dengan rekan lain. Terima kasih kerjasama rekan2, harap dimaafkan banyak hal yang kurang pas di hati rekan2.
  • Semester ini anggota kita rontok lagi, Fandi Ahmad, Liries, Pur, Eko, Wawang.

Semoga semester depan dosennya lebih pro, jam nya nggak ada yang kosong, rekan kita utuh. Tambah semangat. Jika kurang lengkap please beri komentar.

No comments: