Wednesday, February 13, 2008

Titip usul solusi untuk semester berikutnya

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya dkk, untuk mengikuti VICON (Video Conference) dengan Diknas Jakarta, UM, UMM, Polinema (Malang), UNESA (Surabaya), Poltek (Madiun) di gedung TI VEDC Malang pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2008.

Mohon maaf kepada P.Wahyu Purnomo maupun P Eko Subiantoro apabila penyampaian saya ada kata-kata yang kurang berkenan, terutama masalah jam-jam kosong yang terjadi di semester 2 di MJC.

Saya tidak bermaksud negatif, saya hanya ingin hal ini mendapat perhatian semua pihak. Mengingat di MJC para Dosen berasal dari 4 perguruan tinggi. Semoga di semester berikutnya jam kosong bisa diminimalisir.

Hal lain saya dapat merasakan pada semester ini, semangat juang kawan-kawan menurun dibanding semester sebelumnya. Banyak faktor memang, salah satu sebabnya banyaknya jam-jam kosong pada saat jadwal kuliah.

Kegiatan ICT yang diharapkan menambah kekayaan ilmu di luar jam kuliah, sampai semester 2 masih vakum aktivitasnya (khususnya untuk Provider VEDC).

Titip usul solusi untuk semester berikutnya :

  • Mengatasi jam kosong, manajemen MJC lebih tahu, sedikit usul agar dikembalikan seperti semester sebelumnya, mata kuliah tertentu menjadi tanggung jawab Provider tertentu pula.
  • Apabila pada semester berikutnya kegiatan ICT belum bisa berjalan, bisa diganti dengan membentuk kelompok kecil (terdiri 3 - 5 mahasiswa) yang domisilinya berdekatan, selanjutnya kelompok mengadakan kegiatan membuat proyek kecil,
  • misalnya merakit anten wireless murah,
  • membuat web intranet,
  • membuat aplikasi sederhana yang bisa dimanfaatkan di lembaga masing-masing.
    dll, sekedar contoh
  • Selanjutnya, proyek dipublikasikan di Web kelas atau web pribadi.
  • Kegiatan proyek kecil bisa kaitkan dengan mata kuliah tertentu.
  • Maksimalkan komunikasi Dosen-mahasiswa dengan Web, Milis, atau Forum. Dosen meng UP LOAD materi yang akan dibahas lewat media ON line sebelum perkuliahan dilaksanakan, sehingga mahasiswa memiliki kejelasan arah mata kuliah yang akan dipelajari.
  • Dosen memberi gambaran umum tentang TARGET yang harus dikuasai oleh mahasiswa pada pertemuan 1, 2, 3 dan 4. Agar mahasiswa tidak mengalamai D3 (datang duduk diam)

    Wasalam, semoga ada manfaatnya.

No comments: